Monday, April 27, 2015

MEMBUAT DOCUMENT ROOT DATABASE XAMPP

MEMBUAT  DOCUMENT ROOT DATABASE  XAMPP

Pada posting berikut ini saya akan mencoba menjelaskan letak document root pada XAMPP. Apa fungsi dari document root ini? fungsi yang paling utama adalah untuk menyimpan file web kamu, selain itu juga untuk melakukan testing pada web, yang biasanya dilakukan sebelum semua file-file tersebut diupload pada remote server.

Apabila kamu menginstall XAMPP tanpa mengubah setting konfigurasi selama dalam proses penginstallannya, maka secara default document root server terletak pada c:\xampp\htdocs\. Bagaimana bila kamu mengubah setting pada waktu menginstall XAMPP.? Jangan khawatir berikut ini langkah-langkah untuk mengetahui dimana letak document root dari XAMPP
  1. Pastikan Apache web server berjalan pada komputer. Caranya, coba buka web browser kesayangan kamu dan ketikkan localhost pada urlnya. Apabila XAMPP berjalan maka browser akan menampilkan gambar sebagai berikut

  2. Setelah itu klik pada link phpinfo dibawah links components. Maka browser akan menampilkan informasi mengenai server apache.
  3. Langkah terakhir coba cari bagian yang bertuliskan DOCUMENT_ROOT. kalau bingung pilih menu edit->find in this page atau ctrl+f, lalu ketikkan DOCUMENT_ROOT . mau huruf besar semua atau kecil tidak masalah kok selama yang diketikkan itu adalah document_root. Jadi apabila mau diketik DOCUMENT_ROOT atau document_root tidak masalah. Nach tepat di sebelah kanan itu lah tempat kamu dapat meletakkan file-file web site. Apabila masih bingung saya menyediakan contoh gambarnya. coba perhatikan tanda lingkaran yang saya berikan tepat pada bagian DOCUMENT_ROOT.

oke sekian saja posting dari saya kali ini. Selamat mencoba and good luck

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan respon atau pertanyaan. Untuk mengetahui balasannya silahkan centang "Notify Me'. Selain itu usahakan memperhatikan aturan berikut:

1. Gunakan bahasa yang baik, jelas dan sopan
2. Dilarang meninggalkan link hidup/ mati
3. Berkomentarlah sesuai/ relevan dengan topik
4.untuk kemajuan blog beri dukungannya dengan memberikan donasi yang ada disekitar dengan mengklik

Powered by Blogger.